Slideshow

Widget Slideshow

Slideshow

Widget Slideshow

Senin, 24 Juni 2013

PENGGUNAAN INTERNET DALAM PENDIDIKAN

 
Internet adalah ‘jaringan informasi (data) langit’ yang hanya dapat diakses (dipantau dan diperbaharui) melalui komputer. Ada komputer yang mengirim, meng-input data informasi, semetara, komputer yang lain bisa terhubung dengan jaringan informasi langit itu (melalui saluran telepon, radio, atau, soket arus listerik tertentu) untuk mengakses, mencari berbagai data dan ‘bahan ajar’.
Berbicara dan atau menggambarkan apa itu internet, tidak akan habis-habisnya, karena DUNIA MAYA, begitu dia biasa disebut sebahagian orang, terus berubah dan tidak berhenti berkembang dari detik ke detik. Internet sulit diceritakan dengan kata-kata. Namun untuk mengaksesnya, atau menggunakannya, tidak lebih sulit dari pada mengambil uang anda di anjungan tunai mandiri(ATM) bank.
Seperti pisau, internet mempunyai sifat netral nilai. Dia bisa berdampak positif maupun negatif tergantung sipemakainya.
Internet bisa dipakai untuk ‘menumpuk data’ sebanyak-banyaknya dalam satu sistem, dan dapat diakses kembali dari komputer (yang terhubung) mana saja, dan kapan saja secara bersamaan.
Internet untuk pembelajaran dapat difungsikan sebagai sumber belajar yang memuat data dan fakta untuk referensi belajar. Data dan fakta itu selalu bisa diperbaharui, sehingga dia tidak mudah basi, namun dapat pula ditampilkan berulang-ulang tanpa tambahan biaya yang berarti. Hal ini berbeda dengan dengan data ‘tercetak’, dan percobaan laboratorium convensional, dengan alat fisika dan unsur kimia. Oleh sebab itu, internet, lebih mampu untuk ‘memuaskan’ rasa ingin tahu siswa, sekaligus lebih murah.
Walaupun diakui bahwa di dalam dunia internet itu cukup banyak terdapat ‘situs-situs sampah’, namun begitu, pilihan untuk mengunjungi situs yang mana, seratus persen di tangan anda sendiri. Kalau seseorang mau belajar, atau mau bekerja dengan internet, tentu dia akan menerima arahan yang diberikan gurunya dalam pemakaian produk teknologi canggih itu. Dia hanya akan mengunjungi situs yang ‘benar’ saja.

 
Berikut beberapa peran dari internet bagi pendidikan :

1.Internet Sebagai Bahan Pelajaran Tambahan
Akses internet yang serba mudah dan gampang digunakan membuat banyak orang mengambil sebagian informasi dalam bentuk artikel baik berbentuk PDF,Power Point atau M.Word dapat digunakan sebagai bahan tambahan ajaran bagi tenaga pengajar sekarang ini.Karena saat ini tidak secara semuanya poin-point penting dalam buku dijelaskan secara luas.Adakalanya kita mengambil bahan tambahan untuk melengkapi mata pelajaran atau mata kuliah tersebut.

Jadi dengan adanya tambahan pelajaran dari internet dapat membuat pendidikan semakin berkembang dengan baik terutama dalam mengembangkan wawasan dan ruang lingkup dari pelajaran yang diajarkan tersebut.Selain itu internet juga membantu anak-anak didik lebih berkembang informasinya serta mampu membuka daya kreatif untuk menemukan hal-hal baru dalam dunia pendidikan dan ilmu pengetahuan.

2.Internet Membuat Penemuan Baru Dalam Dunia Pendidikan
Ada hal yang baru bisa ditemukan dalam pendidikan saat sekarang ini terutama dengan adanya bahan-bahan baru yang dapat ditemukan dari internet.Contohnya paling sering ditemukan adalah penemuan baru dalam bidang SAINS (IPA) dimana ada hal baru bisa ditemukan seperti penemuan arus listris dari air seni,bahan bakar dari bahan organik semuanya ini dapat ditemukan karena adanya internet dimana internet dijadikan sebagai bahan atau sumber tambahan untuk melengkapi penemuan baru tersebut serta juga dibantu dengan buku-buku penelitian.Tentunya internet ini menjadi penting dalam melengkapi sebuah penemuan baru dalam dunia pendidikan sekarang ini.

3.Internet Menghilangkan Gaptek Dalam Pendidikan
Gaptek atau gagap teknologi merupakan hal yang perlu dikurangi seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi.Gaptek menjadi masalah utama dalam mengenal berbagai jenis pengertian,istilah,benda,dah hal sebagainya.Terutama bila buku-buku pendidikan tersebut kurang menjelaskan atau kurang melengkapi arti luasnya sehingga membuat pendidik atau pun pelajar jadi kurang mengenal informasi tersebut baik berupa gambar dan tulisan.
Dengan adanya internet kita tidak bisa gaptek lagi karena dengan internet kita bisa mengakses dan menemukan hal-hal yang baru yang tidak ketahui sebelumnya.Baik berupa gambar,benda,arti,istilah dan lainnya bisa ditemukan dan didapatkan dari internet ini.Tapi point pentingnya gunakan internet untuk mencari dan menemukan hal-hal positif tentunya.

4.Internet Sebagai Media Belajar dan Mengajar Jarak Jauh
Dengan adanya internet dan perangkat yang mendukungnya kita bisa belajar dengan jarak yang cukup jauh.Tentunya ini sangat membantu apalagi dapat kita contohkan jika seorang Dosen mata kuliah sedang berada di Luar Negeri sedangkan mahasiswa ada di Indonesia maka seorang dosen bisa mengajarkan mata kuliah kepada mahasiswanya dengan memanfaatkan fasilitas internet yakni dengan cara melalui SKYPE, Video Yahoo Mesengger, Chat melalui webcam fasilitas di Facebook dan macam lainnya yang bisa secara online tatap muka dan berbicara secara langsung.Kemudian menggunakan Infocus atau proyektor untuk memperjelas atau meluaskan video dan chatnya kepada mahasiswa yang ada dalam ruangan tersebut.Sehingga akan tampak jelas Dosen dan mahasiswa saling berinteraksi secara jarak jauh dengan akses internet tersebut sehingga ini membantu belajar dan mengajar yang walaupun jaraknya cukup jauh tapi dengan adanya internet dan fasilitas yang mendukung semua akan terasa dekat tentunya dalam belajar dan mengajar.

Selain itu internet juga dapat membantu mengatasi solusi pengajar ataupun pendidikan dalam memberikan sebuah tugas penting kepada siswa ataupun mahasiswa yakni dengan cara mencari tugas dari internet yang kemudian penyerahan tugas tersebut dikirim melalui sebuah email yang tentunya ini sudah menjadi pemanfaat internet dalam pendidikan.Tentunya ini sangat membantu peran penting internet dalam pendidikan sehingga membuat pendidikan lebih mengenal internet sebagai media teknologi yang membantu perkembangan dari sisi dunia pendidikan tersebut.

5.Internet Sebagai Buku atau Catatan Online Pendidikan
Selain buku,LKS(Lembar Kerja Siswa), majalah, koran, makalah, dan semacamnya yang kita gunakan.Maka internet dapat juga dijadikan sebagai buku atau catatan online yang berfungsi untuk menyimpan semua informasi kita terima hal ini tentunya befungsi agar informasi yang kita salin dan simpan ke dalam internet tidak rusak,hilang dan lenyap begitu saja.

Contohnya : jika kita mempunyai buku catatan, untuk menghindari dari rusak atau hilangnya buku tersebut adakalanya isi catatan tersebut bisa kita simpan dalam M.Word atau PDF atau Power Point serta lainnya yang kemudian kita upload ke web hosting tempat penyimpanan data seperti google dokumen atau google drive yang mempunyai tingkat penyimpanan cukup besar.Tentunya dengan kita menyimpan catatan penting maka kita tidak perlu takut lagi dengan buku tadi, karena seandainya catatan buku tersebut hilang atau rusak maka kita tinggal mengambil dokumen yang telah kita simpan tadi.Tentunya inilah peran penting internet yang sangat penting itu.Semua menjadi aman dan nyaman.

Maka dari itu setiap dokumen pendidikan baik berupa naskah soal,kunci jawaban dan lainnya bisa disimpan dalam internet dengan memanfaatkan fasilitas internet itu tadi yakni bisa Google Drive atau tempat penyimpanan data lainnya yang banyak dan bisa kita temukan disana.

Inilah salah satu mengapa internet itu penting bagi dunia pendidikan.Dan saat ini fungsi internet sebagai bagi pendidikan sudah memberikan banyak perkembangan dan kemajuan umumnya.Semoga dengan memanfaatkan internet dalam dunia pendidikan membawa banyak penemuan dan hal baru yang dapat diterapkan dan dapat membantu perkembangan dunia umumnya.Oleh karena itu manfaatkan internet sebagai media untuk menemukan hal-hal baru dan hal baru tersebut dapat membawa manfaat bagi masyarakat yang ada disekitar kita.Amin.
 



0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More